Sempat dibatalkan Keberangkatannya ke Luar Negeri, Polres Bandara Ngurah Rai Akhirnya Serahkan 3 WNI ke Pihak BP3MI Bali

Badung, Gara Bali Update.com- Setelah melakukan serangkaian penyelidikan dan penyidikan akhirnya Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai menyerahkan 3 Warga Negara Indonesia (WNI) kepada pihak BP3MI (Balai pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia) Provinsi Bali pada kamis yang lalu (27/7/2023).

Ketiga WNI masing-masing berinisial J (Lk 35), YP (Pr 33), dan FFF (Pr 27) yang semuanya berasal dari Jakarta, dimana sebelumnya pada rabu (26/7/2023) sempat di batalkan keberangkatannya ke luar negeri oleh Imigrasi Ngurah Rai karena diduga akan bekerja non presedural (tanpa dilengkapi dokumen ketenagakerjaan) ke Kamboja.

Baca juga: Tetap Sehat dan Bugar dengan Senam Aerobix Bersama Polres Bandara Ngurah Rai

Kasat Reskrim Iptu Rionson Ritonga, S.H., M.H. seijin Kapolres Kawasan bandara I Gusti Ngurah Rai AKBP Ida Ayu Wikarniti, S.E. mengatakan ketiga WNI yang diamankan ini rencananya akan berangkat ke luar negeri dengan mengunakan maskapai penerbangan Air Asia dengan tujuan Kuala Lumpur (Malaysia) dan tujuan akhir Phnom Penh (Kamboja).

“Tujuan keberangkatan ketiga WNI ini ke Kamboja untuk bekerja sebagai admin judi online, dimana segala pembiayaannya ditanggung oleh seseorang yang berinisial R di Kamboja,”ujar Kasat Reskrim saat ditemui diruang kerjanya, sabtu (29/7/2023).

Orang yang berinisial “R” kata ketiga WNI yang diamankan ini sudah saling kenal karena dulunya mereka bertiga sudah pernah bekerja di Kamboja. Jadi mereka bertiga mendapat tawaran kerja di Negara Kamboja dari “R”.

Baca juga: Polres Bandara Ngurah Rai Serap Aspirasi Masyarakat Melalui Giat Jumat Curhat

Terkait dengan dugaan salah satu dari ketiga WNI ini masuk dalam grup media sosial Telegram Jual Ginjal, Kasat Reskrim Iptu Rio menjelaskan bahwa hal itu belum ditemukan bukti kuat mengarah kesana. “Hasil dari penyelidikan dan penyidikan terhadap ketiga WNI ini, mereka menjelaskan tidak pernah masuk grup ataupun join di Grup Jual Ginjal seperti informasi yang beredar belakangan ini,”jelasnya.

“Jadi hal ini untuk meluruskan informasi yang beredar dan berdasarkan pengakuannya mereka tidak ada keterkaitan dengan grup jual ginjal tersebut. Tetapi penyidik akan tetap mencoba mendalami lagi kebenaran informasi tersebut dalam penyidikan nantinya,”tambahnya.

Berkaitan dengan proses pemulangan ketiga warga Jakarta ini pihaknya (Sat Reskrim) sudah melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pihak BP3MI Bali.

Baca juga: Polda Bali Tangkap Residivis Kasus Carding

“Koordinasi yang intensif telah kami lakukan dengan petugas BP3MI Provinsi Bali dan telah dilakukan penyerahan ketiga WNI ini kepada pihak BP3MI Bali untuk proses pemulangannya ke daerah asalnya,”pungkasnya. (hms23/gbu)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *